Sunday, September 23, 2012

Brain Wash

"Jar, lo nggak kangen sama Mare**ka ?" Tanya temen gue ketika kami menunggu auditorium 2 Central Park dibuka untuk film Ted.

"Kangen lah. Di sana gue bisa all out, be myself. Gue udah tau posisi gue apa, dan temen - temen tim yang enak."

Nggak seperti tempat kerja yang sekarang, penuh formalitas, jaga image dimana - mana. But as much as i miss my old recent office, i also want to work in the new company and there's a cost for something called 'greater good'

Anyway, program *CB ini sudah mulai sejak rabu kemarin. Seru sih, karena tiga hari itu gue dapat kesempatan untuk mendengarkan sharing dari orang - orang selevel CEO, board of director, head of, group head. Nggak semua orang dapat kesempatan ini kan. But somehow, it's like my mind is being raped. Dan yang pasti exhausted. Gimana nggak, dalam satu hari kira - kira ada 10 - 11 pembicara dengan topik berbeda yang belum pernah gue tau sebelumnya. 

Materi - materi yang diberikan seperti Company overview, HR overview, Legal and corporate affair, IT operation & services. Dan tentunya materi tentang banking seperti consumer banking, corporate banking, credit review, audit, micro finance, small medium enterprise, treasury, commercial banking, wealth management and many more yang gue nggak inget judulnya saking banyak nya judulnya.

Banyak banget istilah baru yang harus gue hapal dan tentunya materi yang harus gue baca supaya nggak clueless seperti tiga hari kemarin. Sepertinya ini bakalan banting stir deh dan ke-IT an gue akan memudar secara perlahan. Tapi dari beberapa directorate dan business unit yang presentasi, ada beberapa yang cukup catchy sih. Salah satunya preferred, private banking and wealth management. Seru aja kayaknya mengurusi orang - orang super kaya yang memiliki uang minimal 500 juta untuk private banking dan 2 Milyar atau 5 Milyar (lupa juga, harus baca lagi) untuk private banking.  Selain itu, commercial banking juga cukup menarik karena produk nya beragam dan berhubungan langsung dengan customer - customer individu. Lalu ada juga credit review, tapi gue lupa ini menarik nya kenapa ya.

Dari semua materi yang diberikan, yang menurut gue paling susah tapi sepertinya menarik itu treasury. Gue buta banget soal ini (materi yang lain juga masih clueless sih tapi masih bisa ngikutin), I never know about fx trading, bonds, etc. Waktu presentasi materi ini, gue cuma bengong. Tapi sepertinya seru, orang - orang nya juga seru. 

Dan tiga hari ini terasa seperti brain wash buat gue yang biasanya sehari - hari ngomongin bugs, crash, agile project compliance. Sekarang yang diomongin current account saving account, bonds, net interest profit, balance sheet. 

BLAAAAAAH banyak banget lah terms yang harus dihapal.

No comments: