Wednesday, September 26, 2012

Grooming

Topik kelas hari ini cukup menarik dan lumayan gue tunggu - tunggu sebenarnya. Grooming  class. Materi ini cukup memberikan variasi di dan refreshment di antara materi - materi kelas yang melulu soal perbankan. Walaupun kemarin satu harian penuh kita membahas tentang IT directorate dan sub-directorate nya yang cukup mengobati rasa rindu kepada dunia IT (bahasanya ...). Kalau biasanya para pengajar sebelum memulai kelas bertanya "siapa di sini yang dari FE ?" pada kelas kemarin mereka justru bertanya "siapa di sini yang dari IT ?". Biasanya kami anak IT yang paling cengo ketika para pengajar menyampaikan materi dengan segudang singkatan dan terms perbankan, kali ini giliran anak - anak ekonomi yang terus bertanya pada kami "itu apa sih Jar ? ini apa sih ?". Dan kalau biasanya yang rajin bertanya di sesi tanya jawab itu anak ekonomi karena buat  anak non-ekonomi jangankan bertanya, menyimak materi nya aja sudah setengah mati. Tapi kemarin, anak - anak IT rajin banget bertanya sementara anak ekonomi berulang kali berkomentar "ngomongin apa sih ?".

Well, itu lah seru nya program Management Associate (gue samarkan nama program nya) ini. Kami berasal dari background yang berbeda dan kami diharuskan belajar semua directorate di bank yang beragam (walaupun core bisnisnya tetap tentang ban mking juga). Tantangan nya ketika kami harus belajar banyak banget materi baru dan melakukan transfer knowledge dari orang - orang dengan background yang berkesinambungan.

Salah satu yang menarik adalah grooming class ini. Pada awalnya gue pikir kelas ini hanya akan mengajarkan gimana cara kita memilih pakaian, merawat tubuh, dan berpenampilan menarik. Materi tentang hal - hal tersebut memang ada, tetapi hanya satu sesi dari empat sesi yang ada hari ini. Ternyata grooming bukan hanya soal penampilan tapi juga attitude. Tentang business manner, bagaimana berinteraksi dengan rekan bisnis, bagaimana berinteraksi dengan client, not to mention public speaking.

Yang paling menarik adalah di akhir sesi kelas pria dan wanita dipisah. Kami diajarkan tentang body treatment. Untuk pria, dimulai dengan bagaimana cara membersihkan wajah menggunakan face cleanser, bagaimana cara shaving yang benar, dll. Yang lucu adalah, i do this stuffs all the time, almost everyday. I do facial wash everyday, i shave once a week. Tapi ... ternyata banyak loh yang belum tahu dan belum ngerti. Sehingga kami dipandu oleh trainer seperti anak TK yang belajar menyikat gigi. 

Grooming class diakhiri dengan pembagian goodie bag yang berisi perlengkapan - perlengkapan body treatment seperti shampoo, hair serum, hair tonic, moisturizer, milk cleansing, hand 'n body lotion, hair gel, razor, etc. Buat kami yang sudah biasa dealing with this kind of stuff mungkin sudah nggak aneh malah senang bisa dapet produk gratisan sehingga menghemat budget untuk kebutuhan pribadi selama sebulan. Tapi banyak juga loh yang sampe bilang .... "banyak banget, ini apaan sih ? gue bingung makenya gimana, mulai dari mana". Bahkan mungkin ada juga yang nggak mau pakai dan dikasihin ke orang lain. Well, tapi sepertinya nggak ada sih, malah mereka pergi ke Hypermart setelah selesai kelas untuk beli perlengkapan - perlengkapan yang belum ada di goodie bag tersebut. Hahaha ...


No comments: