Tuesday, February 26, 2013

I think I'm Lucky

Jam setengah sembilan malam. Bus jelek, panas, penuh dan bau ini belum juga mencapai tujuan akhir terminal Grogol dari Karawaci. Begitu sampai di terminal nanti, genap sudah lima jam aku habiskan di perjalanan sejak pagi tadi berangkat dari Grogol ke Karawaci, Karawaci ke Bintaro, Bintaro ke Karawaci lagi lalu dari Karawaci kembali ke Grogol. Maklum lah, anak MT belum mendapatkan fasilitas mobil operasional yang bisa dipakai untuk antar jemput. Kalaupun mau, harus menumpang mobil reguler yang jadwal nya terbatas dan berebutan dengan pegawai lain.

Animasi dan cahaya lampu dari giant screen yang ada di tembok Mall Taman Anggrek selalu memberikan sedikit hiburan di tengah perjalanan ini. You know what, after the whole traffic jam thing, this artwork is quite entertaining. Dan sekarang animasi itu menampilkan tulisan "I Love JKT", semacam selftalk untuk para pengguna jalan raya yang sedang mengeluhkan kemacetan.

I think I'm lucky joining this program. Walaupun sering mengeluh tentang melelahkan nya program ini, tapi banyak sekali ilmu yang sudah didapat dari sini. Ini seperti tour ke bisnis perbankan secara menyeluruh. Mulai dari customer service dan teller di cabang, proses transfer yang ternyata membutuhkan proses yang rumit di operation, proses pengajuan dan seleksi kredit kepemilikan rumah dan mobil, sampai ke konsep perbankan syariah.

Kalau aku tidak mengikuti program ini mungkin aku tidak akan tahu kalau bisnis perbankan bukan cuma soal transaksi menabung, tarik tunai, dan transfer uang di cabang. Tidak pernah tahu kalau nasabah bank bukan hanya perorangan tetapi juga korporasi dan institusi keuangan. Tidak pernah tahu kalau beberapa bank bisa bekerja sama dalam memberikan satu kredit untuk satu nasabah. Mengenai forex, bonds, saham. Tidak pernah tahu kalau bank bisa menjadi penjamin transaksi antara eksportir dan importir, bahwa bank bisa memberikan garansi  terhadap suatu tender project.

Di antara banyaknya keluhan yang sudah terlontar secara sengaja maupun tidak sengaja, ternyata banyak sekali ilmu yang didapat dalam lima bulan terakhir ini.  Dan apapun hasilnya nanti, there should be nothing to lose and I might have to stop whining.

No comments: