Saturday, August 07, 2010

Jakarta's transportation suck !

Siang ini rencana nya gw akan membeli sarung kulit untuk O2 SDA II titipan kakak gw di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Mendengar kabar belakangan ini tentang sterilisasi jalur busway membuat gw bersemangat untuk menggunakan bis transjakarta ini. Pastinya jalur busway sekarang lancar mampus dan lebih cepat sampai tujuan.

Setelah solat dzuhur berangkat lah gw dari binus menuju ke Slipi Jaya menggunakan angkot M24. Sumpah gw benci sama gw benci sama kelakuan supir angkot M24 ini. Apalagi kalo supir nya ABG  ALAY nggak jelas yang bawa pacar nya dan temen - temen alaynya. Di tengah jalan kemanggisan yang macet dan kecil itu dengan tanpa dosa nya dia ngetem di tengah jalan. Giliran ada yang teriakkin "Jalan woy macet !" dia balik mengumpat "Bangsat lo!". Kalau pun jalan dia pasti jalan nya lelet banget, padahal di sekitar situ jarang ada gang yang berarti nggak bakal ada penumpang juga, jalan lelet kayak keong. Giliran ada mobil angkot lain di depan nya dan mendapat penumpang. Sambil emosi dia menyalip angkot tersebut dan nyetir dengan ugal - ugalan. [Emosi nggak sih.].

Akhirnya gw sampe juga di halte jelambar. Daritadi lihat sih jalur busway memang kosong nggak seperti biasanya yang dipenuhi sama kendaraan bermotor atau mobil yang kurang sadar aturan. Karena sekarang jalurnya dijaga polisi juga sih. Ketika gw sampai di loket pembelian karcis untuk busway ke arah Harmoni. Tertempel sebuah kertas dengan tulisan dari spidol berbunyi "Busway lama, ada perbaikkan jalan". Oh my ... peringatan macam apa itu. Gw nunggu ber menit - menit, busway tak kunjung datang. Ada yang datang tapi numpang lewat doank. Sekalinya ada yang berhenti, itu busway isinya penuh mampus. Berkali - kali gw mencoba untuk naik, si petugas bilang "maaf anda kurang beruntung, silakan coba lagi".

Setelah beberapa kali gagal mencoba akhirnya gw pun mendapatkan golden ticket untuk naik busway ke Harmoni. Sampai di Harmoni, pintu untuk ke semua jurusan ngantri gila. Antrian nya udah kayak antrian 21 jaman film AADC. Bahkan area yang bukan antrian [buat jalan] pun penuh sesak. Gw ngantri berlama - lama di situ nggak ada juga bus yang datang. Kepala gw mulai menunjukkan gejala migrain. Kalo dapat bus pun pasti penuh gila. Daripada terjebak di sana dalam keadaan migrain, akhirnya gw urungkan niat untuk pergi dan balik ke rumah. Apa artinya sterilisasi busway kalo armadanya datang setahun sekali. Mau dibawa kemana ... penumpang kita ...

Dari arah harmoni ke kalideres sih nggak terlalu parah. Gw turun di halte sumber waras. Dari situ gw naik metromini 91 ke arah batusari.

Jenis angkutan yang menurut gw seharusnya dieliminasi aja dari Jakarta. Pokoknya nggak banget. Sayangnya  ini satu - satu nya metromini ke arah kampus gw. Supir nya ugal - ugalan, kendaraan nya udah lama yang kalo dibawa ngebut bakal berisik banget dan pasti semua bagian besi nya bergetar kaya k kena gempa 10 SR. Yang pastinya kalo kita lagi sakit gigi atau kena migrain terus nai mobil ini pastinya langsung naik ke stadium lanjut.

Jarak dari Citraland ke Binus yang secara logika seharusnya dapat sampai dalam waktu 15 menit. Ini bisa memakan waktu 30 - 60 menit bahkan lebih kalo lagi stress [bikin emosi jiwa nggak sih].

Udah panas banget, berisik, emosi jiwa, biasanya di sekitar Tanjung Duren atau Pasar Kopro si supir tiba - tiba berenti dan bilang "mas naek yang depan mas !" . Naek yang depan nenek lo kemping ! kita disuruh pindah ke metromini depan dan si metromini depan nya pun nggak mau berenti jadi kita harus lari - lari ngejar itu mobil [sok jual mahal banget mobil butut itu]. Belum lagi karena penumpang 2 mobil disatuin, kemungkinan ketika dipindahkan kita tidak dapat tempat duduk. Pokoknya emosi jiwa, tidak bisa diungkapkan dengan kata - kata.

For a moment, i hate Jakarta i love Bandung.

1 comment:

gayatri-ardila said...

hahahaha
that's why aku sebenernya paling males kalo disuruh ke jkt..
macet dan panasnya kagak nahaaaan!!!

heran deh sama orang yang betah tinggal di jkt. haha
*mungkin ada rahasia yang aku belum tau