Tuesday, March 09, 2010

[not] Friend



Cinta :
Lo telepon gw jam berapa pun gw angkat,
Lo ketok pintu rumah gw jam berapa pun gw bukain.
Kita ini sahabat lo AL, kalo ada apa-apa cerita ya ...
Lo ga boleh diem aja..

Alya :
Iya Ta ...

Sebuah scene dari film Ada Apa Dengan Cinta ketika Alya menceritakan masalah keluarga nya ke tiga teman nya. Tapi sayang, Cinta tidak bisa menepati janjinya. Pada saat Alya membutuhkan orang untuk berbicara dan menelepon cinta sesuai dengan janji nya pada Alya untuk menjawab teleponnya kapan pun. Kenyataan nya Cinta malah menyuruh ibu nya menjawab telepon tersebut dan mengatakan bahwa ia sedang berobat ke rumah sakit padahal sebenarnya ia akan pergi kencan bersama Rangga. Akhirnya Alya pun mencoba untuk bunuh diri saking depresinya.

Hal seperti itu kadang sering terjadi di kehidupan sehari – hari kita. Pada saat kita memiliki masalah dan menceritakan nya kepada teman kita maka mereka akan meresponnya terkadang dengan sangat berlebihan dengan menjanjikan bahwa mereka akan ada 24 jam untuk membantu atau sekedar mendengarkan kita. Respon yang sangat berlebihan dan tidak masuk akal. Masalahnya mereka saja tidak bisa 24 jam stand-by, karena mereka butuh istirahat pastinya atau malah mungkin mereka sendiri sedang menghadapi masalah pada hari itu. Bahkan petugas keamanan sebuah toko yang buka 24 jam pun harus bergantian mengisi shift kerja. Tapi bagi kita yang sedang tertimpa masalah dan sangat down maka respon seperti itu sangat menghibur kita karena membuat kita beranggapan bahwa ada seseorang yang bisa kita percaya yang siap menolong atau sekedar menjadi teman berbagi kapan pun kita membutuhkan.

Hari itu pun tiba. Kita menghadapi masalah dan sedang benar – benar stress. Teringat janji seorang teman yang siap menemani kita kapan pun kita membutuhkan. Kita pun menghubungi mereka melalui sms atau telepon. Tapi sayang, mereka bahkan tidak membalas sms kita atau menjawab telepon kita. Kalaupun mereka membalas , ternyata mereka tidak memberikan respon seperti yang kita harapkan karena mereka mungkin sedang lelah atau sedang bad mood. Pada saat itu kepercayaan kita hilang seketika. Apa ini yang namanya teman ? ok, mereka memang teman. Tapi apakah ini yang namanya teman yang menjanjikan dirinya akan selalu ada saat kita mintai pertolongan ? pada saat kita meminta pertolongan mereka malah merespon tidak sesuai janji mereka. Tanpa mereka sadar mereka telah melipat gandakan masalah yang sedang kita alami. Pertama karena kita memang sedang mengalami masalah. Kedua karena teman kita tersebut mengecewakan kita dan berbuntut kekesalan dan kekecewaan karena merasa dikhianati. Akhirnya sekarang kita memiliki dua masalah. Padahal sebelumnya hanya satu.

Berhati – hatilah dalam memberikan respon. Berikanlah respon yang sewajarnya tidak perlu berlebihan. Tidak usah menjanjikan apa yang belum tentu bisa kita penuhi.

No comments: