Sunday, March 28, 2010

University is a waste [?]

Sudah hampir 2 tahun gw kuliah di jurusan Teknik Informatika. Saat lulus SMK gw sempat berfikir untuk kuliah di jurusan berbeda dengan yang gw ambil di SMK karena ditakutkan materi nya akan sama dan yang akan terjadi gw hanya mengulang semuanya dari awal bukannya jadi expanded.

Ternyata ketakutan gw benar. Selama tahun pertama gw belajar algoritma dan bahasa C yang kalau di SMK gw bisa menghabiskan materi itu dalam waktu 3 bulan, tapi di sini satu tahun. Semester ketiga memang sih materi baru, gw diajari konsep membuat program bagaimana proses pembuatan program diawali dengan analisis system kemudian fact finding, lalu membuat use case, class diagram, data flow diagram, entity relationship diagram dan lain lain. Cukup banyak sih ilmu baru yang sayangnya disampaikan setengah - setengah di mata kuliah berbeda padahal jika dibuat lebih compact dalam mata kuliah yang sama maka mungkin pemahaman nya akan lebih maksimal.

Semester ke 4 yang baru gw jalani sekarang mulai terasa divergensi dari mata kuliah. Mata kuliah semester ini merupakan mata kuliah dasar dari penjurusan yang akan dilaksanakan di semester 5.

Sistem basis data, dari namanya sudah bisa gw tebak ini mata kuliah tentang apa. Database management system, SQL, Relational database. Makanan gw sehari - hari waktu kerja, dan gw harus pura - pura nggak tau mempelajari semuanya dari awal.

Sistem multimedia, pikiran gw langsung tertuju pada flash. Ternyata benar, praktikum kita menggunakan flash dan semuanya dimulai dari basic. Motion tweening, motion shape, motion guide. Setiap animasi berhasil dijalankan anak - anak pasti bereaksi norak "oh ..." "waw ..." "wuih ..." dan gw merasakan generation gap, gw nggak seharusnya ada di masa ini. Seharusnya gw sudah mempelajari sesuatu yang advance, dan sayangnya gw harus berurusan dengan hal seperti ini selama satu semester.

Software engineering, gw pikir awalnya akan tentang pembuatan web atau aplikasi desktop. Ternyata mata kuliah ini membahas Use case, class diagram, fact finding, Entity relationship diagram, Data flow diagra [again]. Walaupun materinya sama, gw mengharapkan penjelasan atau aplikasi yang lebih mendalam tapi sayang penjelasan nya sama aja segitu - gitu juga. Ini sama aja recycle mata kuliah semester kemarin diganti dengan nama yang baru tapi isinya sama.

Gw sadar selama 2 tahun ini perkembangan gw sangat lambat atau bahkan mungkin tidak ada perkembangan dengan kurikulum dan sistem kuliah seperti ini. Perkembangan itu harus gw gali dan cari sendiri melalui research mandiri tidak mengandalkan waktu kuliah di kelas. Untuk itu gw perlu waktu yang banyak dan fokus. Oleh karena itu gw memutuskan untuk berhenti ... debate. [loh ? koq nyambungnya jadi ke situ]

4 comments:

Anonymous said...

well,,, college is 1% and 99% is experience. so,, if actually u feel u r hundreds steps ahead from wut u learn today, go ahead find wut u need. explore,,, and look around!! the hardest thing is to appreciate the basic or the tiniest things around u.

gayatri-ardila said...

haha
ga perlu sampe berenti debate juga je...hehe

Van Der Woodsen said...

siapa ya anonymous ini ? ;))

gayatri-ardila said...

haha

jangan-jangan kamu punya secret admirer je..
wew

haha