Tuesday, February 09, 2010

Financial management

Sri mulyani menjadi salah satu wanita berpengaruh di dunia berkat serpak terjangnya di dunia perekonomian Indonesia, salah satunya dalam mempertahankan perekonomian Indonesia pada saat resesi dengan menaikkan jumlah Jaminan Simpanan Bank menjadi sebesar 200 juta [kalo nggak salah, gw lupa juga sih]. Gw juga bisa donk dinobatkan sebagai orang berpengaruh karena berhasil mempertahankan diri dari krisi keuangan setiap akhir bulan nya.

Ini udah memasuki bulan ke 2 di tahun 2010 dan gw masih saja terperangkap dalam krisis ekonomi setiap akhir bulan. Pembelanjaan awal bulan yang tidak terkontrol, subsidi bagi keperluan - keperluan sekunder [yang menurut gw sih primer] yang berlebihan, dan stimulus keuangan yang tidak memberi direct impact adalah penyebab inflasi gw setiap akhir bulan. Setiap bulan berganti gw selalu bisa sih melewati masa - masa sulit itu. Tapi perjuangan di setiap akhir bulan sangat menyakitkan. Gw selalu membuat perencanaan keuangan yang gw lakukan di akhir bulan dan cukup gw catat dalam otak saja, karena kalo dicatat di dalam buku gw terlalu takut untuk menghadapi kenyataan karena ternyata banyak tagihan yang harus gw bayar.

Kebutuhan utama gw cuma 2 sih sebenarnya. Makan sehari - hari dan refreshing. Padahal sebenarnya masih banyak kebutuhan - kebutuhan yang belum terdata yang sebenarnya menghabiskan budget lebih besar. Tapi karena belum terdata, jadi gw anggap kebutuhan gw cuma 2 kebutuhan utama di atas saja. Oleh karena itu gw menaikkan budget buat 2 kebutuhan tersebut. Dan akhirnya menjelang akhir bulan barulah gw merasakan pahitnya kenyataan bahwa ternyata pada tanggal - tanggal segitu tagihan - tagihan yang harus gw bayar mulai bermunculan seperti : tagihan internet, listrik, dan mungkin tagihan dari temen gw yang gw pinjam uang nya. Pada saat itu lah kondisi keuangan gw menjadi defisit. Mau nggak mau gw harus meningkatkan pinjaman luar negeri dari keluarga atau last resort adalah teman - teman gw yang menjadi member monetary fund nya gw. Akhirnya semua masalah terpecahkan ketika pinjaman cair.

Hari - hari pun berganti, gw menikmati uang bulanan yang masih utuh sampai akhirnya gw sadar bahwa gw punya tagihan dari monetary fund yang gw pinjam bulan kemarin. Akhirnya uang bulanan gw pun berkurang dan tagihan terus berdatangan. Begitulah gw yang terjebak dalam sebuah cycle keuangan setiap bulan nya. Gw selalu bisa bertahan sih, masalahnya gw jd nggak punya tabungan. Mau cari kerja sampingan tapi susah cari yang cocok. Mudah - mudahan bulan depan gw bisa lebih konsisten dalam menerapkan rencana keuangan gw yang biasanya akhirnya nggak pernah diterapkan ^^.

No comments: