Monday, February 22, 2010

Happy Ending

Hari ini gw memasuki babak quarter final bersama teammate gw sabar. Quarter final pertama di sejarah track record debate BP gw. Lawan kami di round ini adalah Bakrie, ITB, dan UNPAR. Kemarin malam gw masih sangat optimis bisa memenangkan babak quarter final dan lolos ke semifinal melihat performance kami di 6 prelime yang cukup stabil. Tapi hari ini ketika gw menunggu saat - saat motion launch tiba - tiba gw merasa perut gw mulai bermasalah, badan gw mulai lemas dan dehidrasi, panic attack. Gw nervous. Sialan, padahal gw sudah berusaha sekuat tenaga dari hari pertama untuk mencegah rasa tegang. Tapi ternyata setelah tiba di babak eliminasi perasaan itu timbul juga.

Motion hari ini adalah tentang pengiriman tentara amerika ke Afghanistan. Motion international yang menuntuk knowledge tentang spesifik issue. Sangat bukan tipe gw. Case building berjalan dan gw hanya menemukan satu argumen. Dependency. Ketika debate dimulai gw masih nervous. sial. Tibalah waktu gw menyampaikan substantive speech gw. Gw berusaha sebisa mungkin menghilangkan nervous itu. Sialnya masih tetap ada yang akhirnya bikin gw sedikit kelabakkan menyampaikan argumen. Menyesal sekali ketika gw masih belum bisa menghandle nervous di quarter final round seperti ini.

Berkat peran nervous gw di dalam speech akhirnya gw gagal memberikan elaborasi yang baik di dalam argumen gw dan gw mendapat rank 3 sehingga nggak bisa break ke semi final. But it's ok. So far i've done my best.

Gw mendatangi coach gw teddy dan dia bilang
"Udah ya, abis ini udahan dulu"

hm ? maksudnya apa ?

"Lo ngadju dulu sampe taun depan. Lo ga boleh ikut debate lagi kecuali Founders Trophy atau International competition"

Wow, gw nggak mengira akan mendengar statement itu. Berarti NEO ini debate terakhir gw, mengingat lomba international sanga jarang -jarang sekali. Gw sempet merencanakan sih untuk berhenti debate habis NEO ini. Tapi gw nggak nyangka agak berat menerima kalo gw udah ga bisa debate lagi. You know how much i love competition. My life Would Suck Without it.

Tapi ya udah lah, mungkin udah saatnya gw berhenti, fokus kuliah, dan mencoba hal baru. At least gw puas. Awal gw debate di varsity adalah di NEO tahun lalu. Dan sekarang gw debate terakhir di NEO juga. Dan target gw untuk NEO ini sudah tercapai. Sekarang gw bisa break top 10. Speaker standing gw top 16. Dan hasil akreditasi adjudicator gw A. I've done my best for my last. And i'm so happy.

So much for my happy ending !

No comments: